Dominic Thiem Juara di US Open 2020

Berita US Open 2020 – Petenis putra Austria Dominic Thiem mendapatkan gelar grand slam pertama kalinya sesudah memastikan titel juara US Open 2020.

Thiem menang comeback, menaklukkan petenis Jerman Alexander Zverev 2-6 4-6 6-4 6-3 7(8)-6(6) dalam final US Open di Arthur Ashe Stadium, New York, Senin (14/9) pagi hari WIB. Petenis nomor tiga dunia berumur 27 tahun yang kalah pada tiga final grand slam pertamanya itu masuk lapangan dengan menyandang favorit juara.

Tetapi, kelihatannya ia akan kehilangan peluang emas itu saat sempat ketinggalan dua set.

Thiem yang cuma kehilangan satu set dalam perjalanan ke final kompetisi Grand Slam di Amerika Serikat ini sebelumnya nampak grogi. Tetapi, pelan-pelan ia mematahkan belenggu itu untuk bangun mendesak untuk merebut set ke-3.

Zverev terkunci waktu memegang serve pada kedudukan 3-4 dalam set ke-4 yang membuat Thiem memaksa laga dipastikan pada set ke-5 sebagai penentu juara.

Setelah 4 Jam 1 Menit

Thiem sempat ketinggalan cukup jauh 3-5 pada set penentuan bermutu tinggi ini, tapi selanjutnya memberikan serangkaian pukulan dari baseline penentu point yang luar biasa untuk memaksa pertandingan ditetapkan melalui tiebreak yang seru. Satu klimaks mencengangkan membuat Thiem kehilangan dua match poin pada posisi 6-4 tapi saat peluang ke-3 tiba Zverev melepas pukulan yang melebar yang menyelesaikan pertandingan yang berjalan sepanjang empat jam satu menit (data usopen) itu.